Follow by Email

Entri Populer

Jumat, 01 April 2011

Klasifikasi Platyhelminthes


1.     Tubellaria:
·         Dugesia sp.
Bentuk tubuh seperti panah,panjang tubuh sekitar 2-3 cm, terdapat aurikel (kepala) dengan dua bingtik mata. Meniliki mulut di sekitar tubuh bagian tengah ventral, tidak memiliki anus, tubuh tidak beruas (proglotid), memiliki intestine, alat reproduksi lengkap (terdapat ovarium dan testis), dan tidak memiliki sucker.
·         Bipalium sp.
Bentuk tubuh hamper seperti Dugesia sp.  namun, lebih besar dan lebih panjang. Panjangnya sekitar 8-10 cm, selain itu memiliki warna yang beraneka ragam. Terdapat aurikel (kepala) dengan dua bintik mata. Meniliki mulut di sekitar tubuh bagian tengah ventral, tubuh tidak beruas (proglotid), memiliki intestine, dan tidak memiliki sucker.
2.      Trematoda:
·         Fasciola hepatica
Bentuk tubuh seperti dun, tidak memiliki bintik mata, memiliki 2 sucker yaitu pada tubuh bagian mulut (anterior) dan bagian tengah tubuh. Memiliki intestine, alat reproduksi lengkap, dan tidak memiliki anus.
·         Eurtema pancreatica
Sama halnya seperti Fasciola sp. bentuk tubuhnya berbentuk daun, namun lebih lebar. Memiliki sucker, mulut, dan memiliki intestine, alat reproduksi lengkap, dan tidak memiliki intestine.
3.      Cestoda:
·         Thysanosoma actinoisdes
Bentuk tubuh panjang, terdiri dari puluhan proglotid (ruas tubuh), dan terdapat sucker. Tidak memiliki alat pencernaan (mulut dan anus). Memiliki intestine dan memiliki alat reproduksi yang lengkap (terdapat ovarium dan testis).
·         Taenia serrata
Bentuk tubuh panjang, terdiri dari puluhan atau ratusan proglotid, dan terdapat sucker mengelilingi scolex. Tidak memiliki alat pencernaan (mulut dan anus). Memiliki intestine dan memiliki alat reproduksi yang lengkap (terdapat ovarium dan testis).
·         Taenia sp.
Bentuk tubuh panjang, terdiri dari puluhan atau ratusan proglotid, dan terdapat sucker mengelilingi scolex. Tidak memiliki alat pencernaan (mulut dan anus). Memiliki intestine dan memiliki alat reproduksi yang lengkap (terdapat ovarium dan testis).


·         Taenia pisiformis
Bentuk tubuh panjang, terdiri dari puluhan atau ratusan proglotid, dan terdapat  4 sucker mengelilingi scolex. Tidak memiliki alat pencernaan (mulut dan anus). Memiliki intestine dan memiliki alat reproduksi yang lengkap (terdapat ovarium dan testis).
·         Monieza expanza
Bentuk tubuh panjang, terdiri dari puluhan atau ratusan proglotid, dan terdapat 2 scolex pada scolex bagian atas. Tidak memiliki alat pencernaan (mulut dan anus). Memiliki intestine dan memiliki alat reproduksi yang lengkap (terdapat ovarium dan testis).
·         Echinococcus granulosus
Tubuhnya hanya terdiri dari 3 proglotid. Memiliki 2 sucker  pada suckernya. Tidak memiliki alat pencernann, (mulut dabn anus), memiliki intestine dan memiliki alat rteproduksi tang lengkap (ovarium dan testis)




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar